Home » Model Kebaya » Ide Busana Kebaya Pernikahan Adat Sumatera

Ide Busana Kebaya Pernikahan Adat Sumatera

Inspirasi model kebaya busana pernikahan adat sumatera ini sampai sekarang masih digunakan. Yang termasuk di dalamnya tentu banyak mulai dari adat minang, lampung, batak karo, mandailing, toba, kemudian adat palembang, sampai dengan aceh. Ya perpaduan yang sangat tradisional dalam hal busana pernikahan di sumatera barat, utara sampai dengan selatan ini sangat khas memang dan menjadi kekayaan budaya dari sisi busana sampai dengan saat ini.

Ada beberapa ciri khas yang mencerminkan budaya adat busana pernikahan dengan khas ada sumatera misalkan pada bagian kepala yang wajib ada seperti suntiang dimana ini mencerminkan adat minangkabau. Sedangkan dari sisi pemilihan motif kebaya mungkin hampir sama dengan pada umumnya yakni kombinasi brokat tetapi dari warna dominan terang dan umumnya warna merah yang sahabat bisa perhatikan misalkan dari prosesi pernikahan putri Presiden RI Kahiyang Ayu yang kemarin dimana dominan warna merah.

Selain merah memang ada beberapa pilihan warna lain yang menjadi sebuah tanda jika busana pernikahan tersebut menggunakan adat sumatera misalkan warna merah marun dan hitam, kuning, hijau atau bahkan warna-warna soft seperti biru muda dan pastel. Ok hari ini kita akan bahas beberapa inspirasi desain kebaya pernikahan khas sumatera berikut ini semoga bisa menambah inspirasi sahabat di rumah.

1. Adat Minang (Sumatera Barat)

Model Kebaya Adat Minang (Sumatera Barat)

Source : Wedding Gema dan Sarah

Nah diatas adalah salah satu model busana nikahan orang minang dimana mengambil tema warna biru kemudian mendapatkan kombinasi emas. Perpaduan warna yang sangat menarik dimana bisa memberikan kesan elegan dan mewah anda bisa mencoba warna yang lain tentunya.

2. Adat Lampung

Kebaya Pernikahan Adat Lampung

Source : Pernikahan Milka dan Ray

Nah jika anda melihat di atas adalah dimana menggunakan warna biru yang sangat dominansekali. Kesan warna biru ini sendiri akan semakin lembut tatkala di padukan dengan warna ungu misalkan hampir mirip mirip dengan desain yang pertama.

3. Adat Batak Karo (Sumatera Utara)

Model Kebaya Pengantin Adat Batak Karo (Sumatera Utara)

Source ; Pernikahan Adat Karo ala Lidya dan Indra

Di suku dengan model baju adat pernikahan ala batak karo juga sama saja dimana bisa anda perhatikan mengambil tema dengan warna cerah yakni merah. Kemudian tak lupa juga adanya hiasan pada bagian atas kepala dengan warna gold dan orange ini akan memberikan kesan lebih glamor tentunya.

4. Adat Palembang (Sumatera Selatan)

Kebaya pernikahan Adat Palembang

Source : Wedding Indi dan Randi

Menuju ke Sumatera Selatan di kota palembang yang merupakan salah satu kota indah di sana. Anda bisa menemukan keunikan dari sisi baju adat pengantinya dimana diatas adalah mengambil tema perpaduan antara silver dan emas, namun tentu saja dari sisi pengamatan silver akan lebih banyak keluar karena di berikan kesan dominan sehingga tema pernikahan ini memang semi mewah bisa dikatakan demkian.

5. Adat Batak Mandailing (Sumatera Utara)

Inspirasi Kebaya Pernikahan Adat Batak Mandailing

Source : Wedding Zivanna dan Arga

Nah buat kamu yang mau mencoba warna selain merah dan suka dengan yang adem adem maka bisa mencoba jenis kebaya pernikahan adat batak ini dimana dengan adanya perpaduan warna pastel yang lahir dari perpaduan coklat mudah dan pink akan memberikan kesan yang lebih adem.

6. Adat Batak Toba

Kebaya Busana Nikah Adat Batak Toba

Source: Wedding Mita Hutagalung and Daud Sijabat

Model kebaya pernikahan suku batak toba ini memang identik dengan warna yang netral dimana salah satunya adalah kombinasi warna putih dimana kesan sakral dan suci bisa di dapatkan setelah itu tentu saja dengan perpaduan desain yang elegan dengan sentuhan hiasan merah pada bagian kepala dan emas akan menampilan rona kemewahan di setiap lekukanya.

7. Adat Aceh

Konsep wedding kami adalah classy wedding karena menurut kami sesuatu yang classybersifat timeless. Kami ingin jika suatu saat nanti pada saat kami melihat kembali video atau foto pernikahan kami, segala sesuatunya tidak terlihat kuno.

Tema warna keseluruhan adalah warna emas dan soft peach dengan sentuhan warna hijau. Akan tetapi, tema warna di setiap prosesi berbeda-beda. Contohnya untuk siraman dan ngeyeuk seureuh, warna utamanya adalah ungu. Warna ungu tersebut juga dikombinasikan dengan warna lainnya agar terlihat lebih menarik. Busana yang kami kenakan juga masih bernuansa ungu, seperti pada acara Ngeyeuk Seuruh aku dan Nanda sama-sama mengenakan warna ungu tapi dengan different shades of purple supaya terlihat serasi.

Kebaya Pernikahan Adat Aceh

Source : Wedding Sunda ala Sylvia dan Nanda

Nah jika kita melihat di aceh maka yang menjadi khasya adalah adanya hiasan kepala yang dikenakan pengantin ini. Warna soft seperti ivory dan pastel yang mendominasi akan memberi kesan cerah dan meriah di hari bahagiamu!

Ok guys, itu dia beberapa inspirasi kebaya pernikahan sumatera dengan berbagai adat dan perpaduan kombinasi yang menarik untuk memberikan anda inspirasi menjelang hari bahagia nanti semoga samawa kami ucapkan.